Saturday, February 17, 2018

4 jenis Iklan Admob pada Aplikasi Android

WIldanTechnoArt-AdMb_BannerAds_Example
Depok - untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang telah kita buat. Sebagai seorang publisher, salah satu jejaring iklan yang sangat populer dan paling banya digunakan saat ini adalah Google AdMob.

AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Ia didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 ia diakuisisi oleh Google seharga $ 750 juta. Akuisisi ini diselesaikan pada 27 Mei 2010. Apple Inc. juga telah menyatakan minatnya untuk membeli perusahaan itu pada tahun yang sama, tetapi mereka keluar-tawaran oleh Google, dan sejak memperkenalkan platform iklan mereka sendiri yaitu iAd. Sebelum diakuisisi oleh Google, AdMob mengakuisisi perusahaan AdWhirl, sebelumnya Adrollo, yang merupakan platform untuk mengembangkan iklan di aplikasi iPhone. AdMob menawarkan solusi iklan untuk platform mobile, termasuk Android, IOS, WebOS, Flash Lite, dan semua browser web mobile standar.

AdMob adalah salah satu platform terbesar di dunia iklan mobile dan klaim untuk melayani lebih dari 40 miliar banner mobile dan iklan teks per bulan di seluruh situs Web mobile dan aplikasi handset.

1. Iklan Banner atau Spanduk

Banner Ads atau Iklan spanduk merupakan gambar segi empat/segi panjang serta iklan teks yang menempati tempat di dalam tata letak aplikasi. Iklan ini tetap berada di layar selama pengguna berinteraksi dengan aplikasi, dan dapat merefresh/menyegarkan secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

2.  Interstitial Ads

Interstitial Ads adalah iklan layar penuh/full screen yang mencakup antarmuka aplikasi. Jenis ini biasanya ditampilkan pada titik transisi alami dalam arus aplikasi, seperti antara aktivitas atau selama jeda antara tingkat dalam permainan. Saat sebuah aplikasi menampilkan iklan pengantara, pengguna memiliki pilihan untuk mengetuk iklan dan melanjutkan ke tujuannya atau menutupnya dan kembali ke aplikasi.

3. Rewarded Video Ads

Rewarded Video ads adalah jenis iklan berbetuk video layar penuh, pengguna memiliki pilihan untuk menonton iklan tersebut dan akan diberikan imbalan, jenis iklan ini sangat cocok digunakan pada aplikasi game, banyak sekali developer game yang menggunakan unit iklan ini untuk mengingkatkan pendapatan.

4. Native Express

Iklan Jenis ini mirip dengan Iklan Spanduk/Banner Ads karena iklan persegi empat ini dapat kita pasang ke tata letak dan ukuran yang kita inginkan. Perbedaan utamanya adalah kita dapat mengontrol tampilan/style iklan tersebut, seperti ukuran gambar, font, warna, dan lain-lain dengan menggunakan CSS. AdMob menggabungkan template ini dengan aset pengiklan, seperti ikon, gambar, dan teks, sehingga iklan yang ditampilkan menjadi lebih bagus. (ar/arif)

Disqus Comments