Monday, February 19, 2018

Pengertian Firebase


Depok - Apa itu Firebase ?Beberapa tahun terakhir, Firebase mulai dikenal di kalangan developer termasuk di Indonesia,  platform seluler yang membantu Anda mengembangkan aplikasi berkualitas tinggi dengan cepat, menumbuhkan basis pengguna yang aktif, dan mendapatkan lebih banyak uang. Karena AdMob sekarang menjadi bagian dari Firebase, kami mempermudah penggunaan AdMob dan layanan Firebase lainnya seperti Analytics.

Meskipun ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi AdMob, penayang dapat merasa tenang karena nama package, class, awalan, dan tanda tangan metode yang menyusun Google Mobile Ads SDK tetap sama. Penerbit aplikasi yang telah memiliki codebase hanya perlu menambahkan library Firebase dan file konfigurasi layanan Google ke aplikasi Android atau iOS mereka agar dapat berintegrasi dengan Firebase.

Mengapa menggunakan Firebase?
Keunggulan Firebase adalah kemudahan dalam menerapkan beberapa layanan di sebuah aplikasi, dan dukungan yang memungkinkan layanan tersebut bekerja sama. Kemudahan dalam konfigurasi dan penerapan komponen penyusun seperti penyimpanan real time, pelaporan kerusakan, dan autentikasi dapat mempercepat waktu pemasaran aplikasi hingga beberapa minggu.

Google Analytics for Firebase sangat berguna bagi penayang AdMob. Cukup dengan menautkan aplikasi AdMob ke Firebase dan mengimpor Firebase SDK ke dalam aplikasi, penayang dapat langsung memanfaatkan solusi analitik gratis dan tanpa batas dari Firebase untuk menjalankan monetisasi dengan lebih cerdas. Hal-hal seperti sesi, demografi pengguna, pendapatan dari produk dalam aplikasi, dan sebagainya akan muncul di Firebase console, tanpa perlu kode tambahan apa pun.

Firebase disarankan, tetapi bersifat opsional
Cara terbaik untuk menggunakan AdMob adalah dengan Firebase, tetapi bagi penayang yang belum siap beralih, Google Mobile Ads SDK dapat digunakan sebagai SDK mandiri. (ar/arif)
Disqus Comments