Monday, February 26, 2018

Pengertian 7 Osi layer dan fungsi - fungsinnya

Depok - OSI adalah standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. ada model model komunikasi jaringan yang biasa digunakan Interconnection. program standarisasi yang dibuat oleh osi dan ITU-T. ini dikembangkan untuk standar- standar data networking yang memfasilitasi interprobalitiy  (kemampuan beroperasi) . Perangkat atau perlengkapan yang diprodiksi oleh para vendor. Osi model merupakan model standar yang digunakan dalam Komunikasi jaringan yang kebanyakan para vendor merefersikan produk merekah ke osi model.

Dengan Osi Medal , anda dapat menampilkan fungsi- fungsi dan acara kerja kejaringan pada setiap lapisannya. dengan Osi Model anda juga dapat memahami proses pengiriman informasi, memvisualisasikan proses data ditramisikan dari program aplikasi komputer satu ke aplikasi lainnya dikomputer lain dalam sebuah jaringan . (ar/arif)

ada tujuan buah layer dalam Osi model yang mengambarkan fungsi- fungsi khusus komunikasi dalam sebuah jaringan keuntungan membagi jaringan dalam tujuan layer adalah sebagai berikut ini

  1.  Memecahkan komunikasi dalam jaringan kedalam bagian bagian yang sederhana sehingga mudah dimengerti .
  2. Memudahkan masing masing komponen dalam jaringan  mengikuti perkembangan produk produk yang diproduksi oleh vendor.
  3. Memungkinkan tipe hardware dan software jaringan komunikasi sama lain.
  4. Mencegah efek perubahan dari satu layer ke layer yang lainnya

          Tujuh layer dalam Osi model terlihat seperti Gambar dibawah ini . Pada Gambar juga diberikan Contoh Masing- masing layer agar lebih memperjelah Pembagian ketujuh layer tersebut



1. Layer 7 : Aplication Layer 

Bagian Model yang diampilkan untuk User /pengguna , Memberikan servis-servis jaringan ke pengguna. Hal ini akan berbeda dengan layer yang lain karena pada layer ini tidak memberikan servis ke layer yang lain dalam OSI Model. Contohnya dalah aplikasi program seperti Word, Spreadsheet, aplikasi web .

2. Layer 6 : Presentation Layer 

Layer ini memastikan Apakah informasi yang dikirim dari application layer dapat diterima dan dibaca oleh application layer yang lain. kadang dibutuhkan Presentaion layer melakukan penerjemahan diantara format multiple data ke format umum. 

3. Layer 5 : Session Layer 

Layer ini Berperan membangun, mengelola dan mengkhiri sesi- sesi di antara dua host yang sedang berkomunikasi. session layer memberikan layanan - layanan ke presentation layer juga menyeragamkan percakapan diantara dua host dan mengatur pertukaran data . session layer ini juga menyediakan aturan aturan untuk efesien transfer data , kelas layanan dan pengecualian pelaporan atas permasalahan permasalahan session layer , presentation layer dan application layer .

4. layer 4: transport layer

melakukan segmentasi data dari host pengirim membangun ulang data ke sebuah data stream pada host penerima.

5. Layer 3: Network Layer
layer ini memberikan konektivitas dan seleksi path antara dua host yang mungkin berlokasi secara geografis dalam network terpisah

6. Layer 2: data link layer
layer yang memberikan transmit data melalui physical link. dalam kerjannya, data link layer memperhatikan physical addressing, network topology , network access, error notification dan flow control.

7. Layer 1 : Physical layer
layar ini menetapkan sertifikasi sertifikasi fungsional electrical, mechanical dan procedural untuk aktifikas perawatan dan deaktivasi link physical di antara sistem -sistem tujuan. misalnya seperti kataristrik level volgate , timming atas perubahan voltage , rata rata data, jarak maksimum trasmisi , konektor- konektor dan artibut- artibut similar yang ditetapkan oleh sertifikasi physical






























Disqus Comments